EN |  FR |  DE
 

Statement

 

Hauser81Reynolds
( unknown )



Previous posts

My Blog

Resep Mendoan Banyumas dengan Sambal Kecap  
by   Hauser81Reynolds

Resep nyamikan atau makanan pembuka yang paling banyak digemari oleh banyak kalangan merupakan gorengan. Mendoan merupakan salah satu makanan pembuka ataupun camilan yang banyak disenangi olehkarena itu rasanya yang gurih ditambah dengan sambal kecap yang manis serta pedas pasti lah tidak ada yang bisa menandingi lezatnya mendoan.

Di kawasan asalnya, mendoan Banyumas punya rasa yang khas. Walakin di metropolis ini sangat banyak pedagang gorengan yang mendagangkan mendoan, akan tetapi banyak yang menjual mendoan tanpa membangkitkan ke-khas-an daripada mendoan Banyumas itu otonom. Mendoan di bahasa Jawa berasal daripada kata mendo yang berarti setengah cukup umur. Namun waktu ini ini banyak resep masakan bunda yang membuat mendoan yang digoreng kering. Apalagi beberapa orang menawarkan mendoan kriuk di dekat tempat wisata.

Rasa khas yang tampil dalam mendoan khas Banyumas adalah adanya tambahan hijau pada bumbunya. Resep Cemilan jalan menggoreng mendoan yang terlentok matang, kekhasan pada mendoan ini pula berada dalam jenis tempe yang digunakan. Apabila kalian sering mengebel tempe yang padat, tebal dan jenjang, akan amat berbeda secara tempe untuk mendoan yang sudah pipir dari bungkusnya, sehingga serat pada mendoan lebih banyak dibandingkan tempe yang dipadatkan.


Untuk membuat keterangan camilan mendoan khas Banyumas, bumbu yang digunakan merupakan garam, gula, ketumbar serta kencur. Semua bahan ini dihaluskan guna bumbu pendek membuat mendoan. Iris patera bawang tipis-tipis, semakin banyak peparu bawang yang digunakan maka akan tambah enak lagi mendoannya. Campurkan tepung terigu, bumbu halus dan penggalan daun bawang. Aduk latar dan tambahkan air hingga konsistensi adukan yang agak kental.

Untuk menggorengnya, panaskan minyak beserta api selagi, tunggu terlintas minyak menimbulkan asap. Tapi jangan hingga minyak tambun, dan goreng setengah cukup umur. Untuk kiat sambal ocehan yang hendak menyempurnakan kiat masakan ibu, iris sedikit bawang merah dan cili rawit berma secukupnya, lalu tambahkan cepak diatasnya dan penyet lumayan agar wewangian bawang dan cabe menyatu dengan cepak. Kemudian sajikan sebagai cocolan mendoan Banyumas di wadah terpisah.
 
  

Back